Kamis, 29 November 2012

Cara memilih Komik


Saat akan membelikan komik untuk anak-anak ada baiknya memperhatikan komik-komik yang akan dibeli. Hal ini perlu dilakukan agar komik yang dibeli memang sesuai dengan uusia mereka. 

Cara untuk memilih komik ada baiknya melakukan hal-hal berikut ini :
  • Jika perlu baca sekilas terlebih dahulu, sehingga mengetahui isi gambar-gambar di dalamnya. Kira-kira cocok untuk anak atau tidak.
  • Jika tidak boleh dibuka karena masih disegel, perhatikan sampulnya. Komik yang berkualitas akan memberikan informarsi komik tersebut untuk anak-anak, remaja atau dewasa. Ada tanda-tanda khusus yang diberikan. Misalnya Komik Naruto dan The Pitcher di sampul belakang, sebelah pojok kiri terdapat keterangan Remaja, atau Komik Sinchan di bagian depan terdapat keterangan untuk usia 15 tahun ke atas, dll
  • Mencari tahu komik online sehingga bisa membacanya terlebih dahulu sebelum memutuskan membelikan komik tersebut untuk anak-anak.
  • Bergabung dengan forum atau bertanya kepada para penggemar komik dengan menyebutkan kriteria yang diinginkan. Misalnya sedang mencari komik untuk anak tanpa gambar kekerasan, pornografi dan sebagainya.
Melalui cara-cara tersebut semoga saja akan sedikit mengurangi kekawatiran sebagian besar orang tua yang memang selektif memilih bacaan untuk anak-anak mereka. Anak-anak tetap membaca komik sesuai dengan usia sehingga tidak mengganggu perkembangan mereka.

*gambar diambil dari al-fauzan-alfauzan.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar